Wednesday 7 May 2008

BAHASA BUNGA

span style="font-size:130%;">Floriography - The Language of Flowers

Bunga adalah tanaman yang mencengangkan; warnanya menyerang saraf optik dan baunya menusuk sampai ke otak. Itulah sebabnya mengapa tanaman, dari yang herbal sampai bunga, selalu dijadikan sebagai lambang kecantikan atau lambang cinta, sebagai dekorasi yang menakjubkan, atau juga sebagai penawar penyakit. Di masa pertengahan, bunga dijadikan sebagai alat sihir. Di masa pemerintahan Ratu Victoria, bunga—atau tanaman pada umumnya—dijadikan sebuah makna baru ketika harumnya dianggap menyampaikan sebuah pesan. Ketika percakapan belum sebebas sekarang, bunga berani mengatakan dengan tegas apa yang tidak bisa dikatakan oleh mulut, dan yang mengejutkan adalah maknanya yang tidak selalu positif.

Kamus. Berhubung sangat panjangnya daftar definisi atau arti dari setiap bunga, kamus floriografi pertama yang berjudul Le Langage des Fleurs karya Charlotte de la Tour mulai diperkenalkan pada tahun 1818. Selama masa Victoria, kamus floriografi mulai banyak ditemukan, termasuk makna jujur dari 100 jenis bunga dalam buku Flora Symbolica karya John Ingram yang mengungkapkan pentingnya etiket dalam “bermain” bunga. Betapa memalukan jika Anda menunjukkan tanda cinta dan berharap cinta akan berbalas dengan memberikan bunga anyelir kuning yang bermakna “penolakan”. Jadi, sangat penting bagi pasangan untuk berbagi kamus yang sama karena ada beberapa kamus yang mempunyai interpretasi berbeda, seperti bunga Daffodil yang bermakna ganda yaitu “cinta tak berbalas” dan “matahari bersinar bersamamu” (atau yang lebih realistis, perbedaan antara menerima tamparan atau ciuman di pipi). Apabila Anda menemukan masalah dalam mengekspresikan perasaan Anda yang memuja kekaguman dan sarat makna klise, mengapa tidak kembali ke asal dan katakan dengan bunga?
<
Romantic. Bunga benar-benar menggambarkan romantisme lebih dari apapun dan hal ini dilambangkan dengan mawar merah. Tetapi, walaupun mawar biasanya melambangkan rasa cinta, warna merah yang terlalu gelap dapat berarti perasaan malu; kalau warnanya terlalu cerah dan hampir mendekati pink, maknanya dapat berarti keinginan untuk menyembunyikan rasa cinta. Bunga Japonica juga dapat digunakan untuk menyampaikan rasa kasih yang tulus. Selain itu, bunga bakung merah atau pink memberikan sedikit makna kegembiraan. Bunga chrysanthemum (krisan) menawarkan cinta dalam warna merah dan kejujuran dalam warna putih, kedua warna dapat dicampur untuk menghasilkan makna kejujuran cinta. Bila seseorang merasa yakin akan kejujuran cinta, tentu saja dia akan memilih sesuatu yang lebih berisiko dan mendalam dengan bunga laba-laba yang sebenarnya berarti ajakan untuk kawin lari. Seseorang yang kurang dinamis dalam menunjukkan keberanian mungkin sudah kabur dan mencari Spearmint yang hangat. Pilihan bunga untuk seorang pria pesolek yang sedang mengalami dilema dalam memilih seberapa kuat pesan yang mau disampaikan akan terlihat seperti “kau ada dalam pikiranku”, walaupun sekarang sangat erat dengan konotasi pria homoseksual. Yang sangat disayangkan, floriografi sangat kasar terhadap homoseksualitas yang dianggap salah dan dicap jelek. Itu sebabnya tidak ada yang berniat untuk menanam bunga yang menyimbolkan cinta sesama jenis.


Hinaan Bunga. Walaupun dianggap sebagai simbol kecantikan dan perasaan, di masa Victoria, bunga digunakan untuk menunjukkan kemarahan dan hinaan yang sangat kasar bila diartikan secara literal. Tak diragukan lagi tanaman yang dimaksudkan digunakan orang-orang di zaman tersebut untuk merendahkan lawannya. Cara yang lebih sopan untuk menunjukkan ketidaksukaan adalah dengan memberikan bunga candytufts, tapi cara yang lebih langsung dapat dengan menggunakan bawang yang tidak hanya membuat orang yang menerima bau tak sedap, tapi juga menunjukkan bahwa mereka adalah iblis atau penyakit yang harus diusir. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, beberapa kamus mempunyai makna yang saling berlawanan, begitu juga dengan Hydrangea yang dapat diartikan “tak berperasaan” atau “hati yang dingin”, tapi juga dapat diartikan sebagai rasa terima kasih atas menerima maaf. Tidak ada yang lebih jelas daripada bunga lily orange yang menunjukkan kebencian. Bunga lily kuning bermakna positif seperti rasa terima kasih dan gembira, tetapi kalau digabungkan dengan lily orange maknanya pun akan bersifat berlebihan. Dalam kasus tertentu, mungkin seseorang bermaksud ingin menertawakan lawan yang sedang mendekati lawan jenisnya, bunga Amaranthus akan sangat membantu untuk menusuk lawan. Tentu saja, hinaan yang menggunakan jasa bunga sangat bermakna ironi: simpati sekaligus ejekan terhadap seseorang dapat disampaikan lewat bunga yang berwarna putih yang secara normal dipakai sebagai pengobat hati. Cara ini dapat digunakan untuk menyulap tanaman yang indah menjadi senjata untuk menghina.

Friendship. Semua orang menyukai bunga. Well, mungkin beberapa orang tidak. Kenapa kita tidak menggunakan bunga untuk menyampaikan pesan cinta atau bahkan kebencian? Seorang teman pasti akan sangat senang menerima karangan bunga. Tak peduli bunga tersebut bermakna positif atau negatif, bunga mahal atau bahkan bunga dari rawa-rawa sekalipun, dia tetap akan menerimanya dengan senang hati. Bunga Edelweiss dapat diberikan untuk mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan seorang teman, atau untuk menunjukkan bahwa Anda sangat menghargai kebaikan teman Anda.Sedangkan seseorang yang sedang berjuang dalam menghadapi sesuatu dapat Anda berikan serangkai campuran bunga Eremus dan Euphorbia yang tahan lama dan sangat berkesan. Cinta tanpa syarat dapat ditunjukkan dengan bunga Woodbine yang merupakan pilihan bijak. Pilihan yang lebih menyenangkan untuk menunjukkan indahnya pengalaman di masa lalu adalah bunga Periwinkle yang dapat ditambah dengan bunga Myrtle untuk menambah kesan yang lebih mendalam.

Simbol. BungaDibalik makna bahasa bunga, beberapa tanaman digunakan sebagai simbol khusus. Dalam budaya Cina, bunga Azalea adalah simbol kewanitaan, sementara anggrek bermakna erat dengan anak-anak. Banyak negara yang menggunakan bunga untuk mewakili bangsa mereka; salah satu yang terkenal adalah Tulip yang melambangkan negara Belanda. Salah satu bunga yang belum terlalu dikenal adalah bunga nasional Hawaii, Hibiscus. Secara kebetulan, lambang kekuatan dan keberanian dari tanaman Borage dijadikan emblem perjuangan Cancer Research UK untuk melawan penyakit yang mematikan tersebut karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit; sebuah kebetulan yang sangat beruntung. Makna yang paling aneh diberikan kepada bunga mawar hijau; bukan karena dapat digunakan dalam berbagai situasi, tapi karena makna khususnya yang berarti bahwa sang pengirim adalah orang dari planet Mars.



3 comments:

PuRE bLoG said...

selamat siang...
bunga memang sangat indah dan pebuh makna...

Permatasari said...

bagus deh...makasih pengetahuannya(^_^)

kyrasyakirah said...

bestnyer dpt belajar bhase bunga..